Pasir adalah barang tambang yang digunakan banyak orang untuk kebutuhan Bahan bangunan dalam membangun Rumah.Bangunan yang kokoh selain harus diperhitungkan dari segi pondasi nya,dari segi bahan bangunannya juga harus diperhatikan.Agar bangunan tersebut bisa berdiri dengan kokoh dan kuat selama bertahun-tahun lamanya.



Kali ini,Saya akan memberi Tips bagaimana cara memilih pasir yang bagus untuk bahan bangunan.Mari kita Recheck apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih pasir untuk bahan bangunan yah.

Kualitas Pasir & Jenis Pasir

Pasir yang baik adalah pasir yang memiliki kualitas yang maksimal tanpa Campuran.Pasir yang memiliki kualitas bagus biasa nya harga nya tinggi dan dikarenakan susah nya mendapat jenis pasir tersebut.Namun,Apapun jenis pasir tersebut,Cara termudah dalam memeriksa pasir yang baik dari segi kualitasnya adalah dengan melihat pasir tersebut tidak ada Campuran seperti Debu pasir atau biasa disebut dengan Ampas Pasir.

Bagaimana Cara nya Kita bisa tahu pasir tidak ada campuran dengan Ampas pasir ? Cobalah lakukan cara berikut ini,
-Ambilah sekepal pasir yang Anda beli,
-Lalu ambil air segayung
-Masukkan pasir dengan dikepal oleh tangan Anda itu kedalam gayung tersebut,Lalu perhatikanlah !
Jika,pasir tersebut cepat terurai cepat oleh air maka dipastikan pasir tersebut memiliki kualitas campuran ampas pasir.Namun jika pasir tersebut tidak terurai cepat maka pasir tersebut memiliki kualitas yang baik.

Kuantitas Pasir (Jumlah)

Ketika Anda membeli pasir dalam satuan Kubikasi,Truk ataupun satuan lainnya.Alangkah penting nya Anda harus tahu akan dasar perhitungannya.Karena jika Anda terlalu menyepelekan perhitungannya,ibarat Kita beli beras 10 liter menjadi 7 liter.Nahloh,Rugikan ! Lalu,Bagaimana kita tahu Perhitungan dasar nya ? Satuan yang biasa digunakan dalam jual beli pasir adalah Kubikasi.

Hal yang paling dasar adalah berapa jumlah dan satuan apa yang anda gunakan ketika anda membeli pasir tersebut.Biasanya jika anda memesan 1 truk Colt,anda hanya perlu melihat Panjang bak mobil tersebut,dan jangan lupa juga,Anda harus melihat ketika pasir yang dibongkar muat.Apa Tidak ada ganjalan seperti kayu atau apapun yang mereka ganjal.Karena dari situlah awalnya,banyak Ganjalan mengurangi satuan perhitungan pasir.


Post a Comment

Previous Post Next Post