Mengenal Thinner

Thinner adalah zat cair yang biasanya berfungsi untuk mengencerkan cat kayu dan besi,politur serta bahan-bahan finishing lain. Bahan-bahan finishing  biasanya merupakan bahan padat yang sifatnya kental sehingga sulit untuk diaduk dan diratakan tanpa diencerkan terlebih dahulu.






Fungsi Thinner

Thinner berguna untuk menurunkan viskositas(kekentalan) dari bahan-bahan yang akan diaplikasikan dengan menggunakan alat penyemprot maupun kuas.Alat penyemprot cat maupun kuas cat adalah alat yang berguna untuk  mengaplikasikan bahan finishing dan hanya dapat bekerja dengan batas viskositas tertentu.Oleh karena itu suatu bahan finishing harus diencerkan terlebih dahulu dengan thinner agar viskositasnya turun sehingga bahan-bahan tersebut bisa diaplikasikan dengan mudah.

Selain berguna untuk menurunkan viskositas, thinner juga berguna untuk mengatur sifat-sifat dari bahan finishing sehingga bahan tersebut bisa diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan thiner suatu bahan finishing bisa diatur kecepatan waktu pengeringannya serta ketebalan lapisan finishing bisa ditentukan dengan ukuran tertentu sesuai dengan kebutuhan.

Post a Comment

Previous Post Next Post