Sering kita melihat cat dinding rumah cepat terkelupas, padahal belum lama dicat. Bila hal ini terjadi, sering kali kita buru-buru menyalahkan karena buruknya kualitas cat yang kita gunakan, tanpa mencari sumber penyebabnya terlebih dahulu.



Perlu kita ketahui, pengelupasan cat dinding (flaking) dapat disebabkan oleh kondisi dinding yang memang lembab, misalnya karena rembesan air dari talang rumah yang konstruksinya kurang baik, posisi dinding yang bersebelahan dengan taman, atau proses pengerjaan dinding yang kurang sempurna.

Jika masalahnya adalah kualitas dinding yang kurang bagus, baik karena campuran semen dan pasir yang kurang pas maupun proses pengeringan yang belum cukup umur sehingga dinding masih mengandung garam alkali yang tinggi, maka hal ini memang cukup menyulitkan. Sebab, kita harus merenovasi ulang dinding rumah, karena masalahnya sudah menyangkut konstruksi rumah.

Akan tetapi, jika kondisi tembok sudah cukup baik, kemungkinan penyebab mengelupasnya dinding adalah proses pengecatannya yang kurang tepat, misalnya kondisi tembok belum benar-benar kering saat dicat, kualitas plamir yang digunakan tidak baik, tidak menggunakan cat dasar (alkali primer), atau cat dasar/alkali primer yang digunakan tidak sesuai dengan sistem pengecatan akhir. Maka, solusinya adalah mengecat ulang dinding tersebut.


Tips praktis mengecat ulang dinding terkelupas

Berikut beberapa tips praktis mengecat ulang dinding yang terkelupas:
  1. Apabila penyebab pengelupasan adalah kebocoran, maka perbaiki terlebih dahulu sumber kebocoran tersebut agar air tidak merembes lagi ke dinding.
  2. Kerok lapisan cat yang terkelupas sampai terlihat permukaan dindingnya, kemudian bersihkan permukaan dinding dari debu dan kotoran. Setelah itu, lapisi dinding dengan cat dasar atau alkali primer. Biarkan cat dasar tersebut mengering secara sempurna.
  3. Gunakan cat tembok dengan kualitas yang baik (memiliki daya rekat dan elastisitas yang baik), sehingga daya tahannya lebih lama dan tidak perlu terus-menerus mengulang pengecatan.
Gunakan cat tembok yang mengandung acrylic, terutama untuk dinding luar. Dalam pengecatan, pastikan lapisan awal mengering secara sempurna. Setelah benar-benar kering, baru aplikasikan lapisan yang kedua dan seterusnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post